Minggu, 13 November 2011

HARAPAN UNTUK INDONESIA


Harapan jangan-jangan bermula dari sikap yang takmengeluh pada batas (Mohammad, 2008: 10). 

Boleh jadi sebuah harapan adalah sebuah sikap yang harus tetap dipertahankan agar juga takada keluhan tentang negara ini yang kian hari kian banyak konflik. Harapan bahwa kepemimpinan SBY hingga 2014 mendatang mampu mengubah sedikit nasib rakyat. Tidak perlu terlalu banyak sisa tiga tahun ke depan mungkin terlalu singkat untuk sebuah kemajuan besar.
Kita sudah melihat bagaiman India, Vietnam, dan Korea memperbaiki diri sebagai sebuah negara. Perbaiki dirilah yang harusnya dilakukan oleh negara ini. Dimulai dengan diri para pimpinan sejak lembaga terkecil. Bukan dimulai dari gedung DPR/MPR sana karena penuh sorotan. Akan tetapi, harusnya lembaga desa yang kini pun penuh manipulasi mampu memperbaiki diri.
Dimulai dari hal yang kecil itulah harusnya negara ini memulai untuk membuat sebuah perbaikan.  Kepercayaan rakyat akan kembali ketika tiap lembaga pemerintah yang saat ini lebih banyak memperkaya diri mereka sendiri kembali sadar bahwa tugas mereka adalah untuk rakyat karena mereka sampai pada tempat mereka sekarang pun oleh rakyat.
Harapan dan kepercayaan ini telah lama pergi dari negara ini. Lihatlah bagaimana olah raga yang selama ini dianggap sebagai sesuatu yang milikrakyat pun dipolitisasi oleh pemerintah dan keinginan memperkaya pribadi. Kini, kita melihat bagaimana KEMENPORA sedang membenahi diri dengan kawalan masyarakat luas dan saya rasa harapan untuk melihat SEA GAMES berjalan lancar bukanlah impian semata.
Saya adalah orang yang percaya bahwa negara yang kaya ini selalu punya harapan. Negara ini akan bangkit meski belum dapat berlari, kita masih bisa melihat bagaimana dengan sebuah guncangan negara ini masih saling membantu maka kali ini kita pun akan membangun negeri ini sebab apa yang telah kita lalui sudah dari cukup untuk sebuah kemajuan besar yang akan dicapai bangsa yang besar ini.
Karena harapan akan selalu ada untuk mereka yang percaya mimpi. Negara ini masih punya banyak mimpi-mimpi yang segera jadi nyata dengan pemerintahannya yang akan segera membaik dan takmengeluh pada batas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar